Panduan Pemula Cara Setting Google Cardboard, Fiit VR 2N, BoboVR Z4 dan VR Headset Lainnya

Setting Google Cardboard VR Headset

Okey… setelah membeli Google Cardboard, atau VR Box atau VR headset plastik seperti Fiit VR 2N, Fiit VR 2S dan BoboVR Z4 apa yang harus dilakukan berikutnya ? Banyak pertanyaan yang masuk bagaimana cara setting google cardboard atau kacamata VR ini. Karena umumnya memang sering bermasalah jika tidak melakukan setup dengan benar, misal gambar yang dilihat blur tidak fokus, atau berbayang, bikin pusing, belum scan QR code dan sebagainya.

Artikel ini akan mengupas tuntas panduan bagi pemula, dan mungkin bagi yang sudah pernah pakai untuk meningkatkan level imersifitas dan presence di dunia virtual reality. Imersifitas adalah tingkat perasaan masuk dan terlibat dalam berbagai adegan di dunia virtual, sedangkan presense adalah kemampuan untuk dapat berinteraksi dengan dunia virtual.

Selain panduan ini tentu banyak faktor lain yang menentukan tingkat imersifitas atau presence. Misalnya kualitas dan performa handphone yang digunakan, kualitas dari lensa dari VR box headset. Saya pribadi menyarankan spesifikasi minimal untuk mendapatkan tingkat imersifitas memadai, yaitu handphone wajib dengan sensor gyro, layar 5.5″ dan resolusi minimal full HD atau lebih baik lagi quad HD. Untuk VR headset bisa memakai cardboard, tetapi lebih baik lagi yang lensanya bisa disetting IPD dan fokus.

1. Scan QR Code

screen-shot-2016-09-25-at-10-03-26Yang harus dilakukan pertama kali adalah scan QR Code dari kacamata VR menggunakan aplikasi Google Cardboard. Jika belum ada install aplikasinya terlebih dahulu pada handphone yang akan dipasang di VR. Tidak semua produk VR Box menyertakan QR Code-nya. Untuk itu lihat saja list-nya disini dan sesuaikan hypergridbusiness.com. QR Code yang ada di produk biasanya hanya untuk install aplikasi bawaan pabrikan, kebanyakan berbahasa China jadi abaikan saja.

Download aplikasi official Cardboard dari Google disini: Playstore untuk Android dan Appstore untuk iOS.

Setelah scan QR Code biasanya akan tampil nama profile VR Box-nya. Jika suatu saat akan mengganti VR box atau VR headset, pastikan scan QR Code terlebih dahulu. Memang tidak ada jaminan QR Code akan selalu cocok dan mendapatkan settingan terbaik, karena vision (penglihatan) masing-masing orang juga kadang menentukan. Jika ingin membuat QR Code sendiri bisa disini https://vr.google.com/cardboard/viewerprofilegenerator, yang penting tahu maksud dari masing-masing parameter.

2. Memasang Handphone

Garis Split Tepat di Tengah

Garis Split harus tepat di Tengah

Setelah handphone sudah melakukan scan QRCode berikutnya adalah memasang handphone pada google cardboard atau VR Box. Memasang handphone harus pas, garis split yang membelah layar harus dipastikan berada di tengah, sejajar dengan pembatas.

Jika garis split tidak tepat di tengah, saat digunakan akan membuah gambar menjadi blur atau atau double vision. Jangan dibiarkan, karena dala jangka lama akan membuat kepala pusing, mual-mual dan mungkin akan berefek ke mata. Pastikan memasangnya dengan benar.

3. Setting IPD Lensa

Setting IPD Fiit VR

Setting IPD Fiit VR

Tidak semua VR box headset memiliki setting IPD. Google cardboard yang pasti tidak memilikinya, sehingga jika tidak ada maka tidak perlu melakukan tahapan ini. Saat ini sebagian besar VR Box headset buatan China saat ini sudah memilikinya.

Apa itu Setting IPD ? IPD adalah setting lensa agar jaraknya sama dengan jarak index pupil pemakai VR Box. Tujuannya adalah mata lebih rileks dan tidak dipaksakan mengikuti jarak lensa yang tidak sesuai. Selain itu ada beberapa kasus yang membuat gambar menjadi blur karena perbedaan yang besar antara index pupil penguna dan jarak lensa.

4. Refocus Lensa

screen-shot-2016-09-25-at-11-13-52Fokus ditentukan dari jarak lensa ke layar handphone. Seperti IPD, google cardboard juga tidak mendukung setting fokus lensa (fixed) sehingga hanya bisa dipakai mata normal atau memakai kacamata. Sementara pada kebanyakan VR Box headset / box sudah terdapat setting fokus lensa, tujuannya adalah agar pengguna yang memiliki mata minus/plus bisa juga memakainya.

Secara umum cara settingnya adalah dengan memutar tombol atau lensa itu sendiri sehingga jarak lensa berubah terhadap layar handphone, menjadi lebih dekat atau lebih jauh. Untuk mendapatkan settingan yang tepat tidak ada cara lain selain trial and error, digunakan VR-nya sambil dilihat apakah gambar sudah fokus atau belum.

 

5. Cara Klik Trigger Tombol

Freely VR Headset + LG G3

Freely VR Headset + LG G3 + USB OTG Mouse

Untuk Google Cardboard tidak ada maslah, karena di versi 1 sudah disertakan tombol magnet untuk mentrigger klik atau action di VR. Sedangkan veri 2 menggunakan tombol capacitive untuk melakukan trigger. Yang menjadi persoalan adalah VR Box headset yang dari plastik, tidak semuanya menyertakan tombol yang terintegrasi.

Beberapa catatan dan solusi praktis yang saya sarankan adalah sebagai berikut.

  1. Sebagian besar aplikasi tidak memerlukan tombol, memakai system “stare to action” .. jadi hanya dengan memfokuskan pandangan beberapa detik akan mentrigger aksi di game atau aplikasi VR, misal aksi menekan tombol Play. Contoh app: Titan of Space, VRTV Video Player dll.
  2. Cara alternatif kedua pakai kabel USB OTG pendek, dikoneksikan ke android dan ke mouse (wireless lebih baik), action trigger tinggal klik mouse. Contoh penggunaan bisa cek di sini. Sayangnya hanya berfungsi untuk OS android, jadi handphone iPhone/iOS tidak bisa.
  3. Ketiga membeli bluetooth clicker sederhana yang harganya 50 ribuan. Ini sebenarnya oke kalau kompatibel, tetapi sebagian besar banyak yang mengeluh juga tidak semua aplikasi kompatibel.
  4. Beli gamepad joystick yang serius, ini perlu untuk game kompleks seperti Galaxy VR yang membutuhkan kontrol pesawat yang lebih rumit.

6. Install Aplikasi Wajib

Setelah semua setup selesai, sebelum meng-install banyak aplikasi, lakukan dulu untuk beberapa aplikasi yang recomended ini. Berikutnya untuk mencari aplikasi tinggal search dengan keywords : “vr” atau “cardboard”.

 

Lazada Indonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *