Qualcomm Snapdragon 820, Chipset Handphone Terbaru Mendukung Virtual Reality

Qualcomm mengumumkan bahwa prosesor grafis dalam chipset handphone berikutnya, Snapdragon 820, lebih cepat sekitar 40 persen dari pendahulunya. Dengan prosesor grafis baru, bisa membuat aplikasi permaintan atau game mobile yang lebih kompleks.

Menurut manajer pemasaran mereka, Adam Kertin kekuatan prosesor grafis itu secara khusus akan mendukung penggunaan generasi handphone selanjutnya terhadap kebutuhan virtual reality (VR) dan augmented reality (AR). Tentu ini tidak mengejutkan dan menjadi roadmap yang akan mereka tempuh mengingat munculnya trend VR mobile beberapa tahun ini, termasuk Samsung Gear VR dan bahkan Google Cardboard.

Bahkan lebih dari game mobile, VR akan mendorong komputer desktop dan perangkat handphone untuk melampaui keterbatasannya saat ini, yang mungkin akan berujung dengan penggunaan layar 4K pada handphone. Dengan layar 4K akan meningkatkan kepadatan pixel (PPI, pixel per inch) secara signifikan yang akan membuat pengalaman virtual lebih tajam.

Qualcomm mengatakan Adreno 530 GPU juga akan menjadi sekitar 40 persen lebih hemat daya dibandingkan GPU Snapdragon 810 pendahulunya. Prosesor baru ini juga akan menampilkan unit baru kamera Spectra, yang membawa warna lebih luas, dan kerangka kerja hybrid autofocus, memungkinkan Anda untuk fokus pada bagian tertentu dari sebuah adegan yang lebih cepat. Qualcomm juga memanfaatkan GPU baru untuk membuat digital zoom yang lebih baik. Mudah-mudahan itu berarti kita akan melihat kamera yang lebih baik dari semua pembuat ponsel Android, dan bukan hanya Samsung dan LG.

Lazada Indonesia

1 Comment

  1. haikal

    April 20, 2017 at 11:09 am

    Keren juga tuh…terimakasih atas informasinya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *