Tips Mendapatkan Pengalaman VR Yang Nyaman Dengan Google Cardboard

Ketika Google Cardboard dirilis pada bulan Juni 2014, banyak yang tidak percaya dan menganggapnya sebagai mainan konyol. Sekarang lebih dari setengah juta pengguna telah merasakan Google Cardboard, pasar dan media massa akhirnya menyadari apa itu Google Cardboard : yaitu sebuah penemuan revolusioner yang memiliki kesempatan terbaik untuk membawa Virtual Reality ke tangan semura orang.

Sekarang kita dapat mengharapkan banyak perkembangan baru yang akan dihadirkan dalam industr VR mobile. Untuk mereka yang sudah memiliki VR headset Google Cardboard atau yang sejenisnya, berikut adalah 5 tips mudah bagaimana memaksimalkan pengalaman Google Cardboard VR Anda.

1. Gunakan earphone / headphone.

Ibarat nonton film tanpa suara tentu akan membuat pengalaman tidak berbekas/hilang sama sekali. Karena itu disarankan untuk menggunakan earphone / headphone untuk memaksimalkan keterlibatan dalam dunia VR. Efek akan kerasa banget jika aplikasinya terkait hal-hal menakutkan.

2. Berdiri di ruang yang luas atau duduk di kursi putar.

Beberapa aplikasi Google Cardboard VR seperti Debris Defrag (Android) dan FastHit VR (iOS) menuntut banyak gerakan berputar secara cepat dan berbalik badan. Jika berdiri, pastikan tidak ada benda di sekitar yang bisa membuat Anda terbentur dan cedera. Jika ingin duduk, gunakan kursi putar yang akan memungkinkan Anda untuk berputar-putar tanpa membuat leher capek, cedera atau kram.

3. Cobalah semua aplikasi VR yang tersedia.

Aplikasi VR pada smartphone baru berumur pendek dan harus diakui masih banyak yang tidak layak untuk dikonsumsi. Faktornya banyak, misal lag/telat kurang responsif, content jelek dll. Tetapi pengembangan aplikasi VR handphone tidak berhenti, bahkan terus diperbaiki. Untuk itu pastikan untuk mencoba semua aplikasi baru untuk Google Cardboad. Jika sudah mencoba satu satu, hapus aplikasi yang tidak memberikan pengalaman VR sama sekali, dan simpan yang bagus untuk ditunjukkan kepada teman atau kerabat. Jika handphone anda cukup canggih coba aplikasi Titan of Space ini (pastikan android versi 4.4.3 ke atas).

4. Gunakan mode pesawat untuk penggunaan jangka panjang.

Sihir dari Google Cardboard membutuhkan banyak power! Jika Anda benar-benar ingin berlama-lama menyelam jauh ke dalam realitas virtual, gunakan mode pesawat sehingga memberi umur lebih panjang pada baterai. Hal ini terutama penting jika Anda sedang mendemokan ke banyak orang untuk mencoba headset VR atau penggunaan jangka panjang seperti menonton video di aplikasi seperti VR Cinema.

5. Menjadi Pro dengan headstraps.

Gunakan headstraps pada Google Cardboard, agar tangan kita bebas dan tidak perlu capek-capek memegangi. Terutama saat menikmati aplikasi yang menampilkan pemandangan atau ruang yang membutuhkan kita untuk melihat sekeliling (misal google street view). Juga untuk aplikasi game VR yang menggunakan gamepad sehingga tangan kita bisa leluasa memegang gamepad tersebut.

Lazada Indonesia

6 Comments

  1. kosmetik wajah

    April 10, 2016 at 2:38 am

    Saya begitu menyukai artikel yang disajikan dalam blog ini,
    Semoga sukses terus memberikan informasi bermanfaat utk semua orang.

  2. classify ryles

    April 15, 2016 at 10:14 am

    gan kalo oppo mirror 5 bisa gak?

    • dave

      May 13, 2016 at 4:36 am

      semua smartphone support,maksimal kurang lebih 5,5 inch untuk ukuran layar.

      • gustu

        October 4, 2016 at 12:51 pm

        oppo mirror 5 gak ada sensor gyroscope nya broo

  3. Bima Aditama

    June 12, 2016 at 9:59 am

    Sangat jelas dan bermanfaat terima kasih.

  4. xxx

    November 3, 2016 at 12:06 pm

    6. Pake Bluetooth Controller..

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *