WOW! Aplikasi Cardboard Camera Ini Mampu Transport Kita ke Dalam Foto 3D Stereo

Aplikasi Carboard Camera

Google baru saja mengumumkan mainan baru buat kita. Aplikasi Carboard Camera. Idenya cukup sederhana, yaitu memungkinkan siapa saja dengan handphone Android dapat merasakan dan menikmati  dunia sekitar dalam format VR atau foto panorama 3D stereo 360°.

Aplikasi Cardboard Camera menggunakan sedikit trik untuk mensimulasikan efek stereo yang memungkinkan kita merasakan kedalaman 3 dimensi pada foto yang direkam (membuat obyek dekat terasa dekat, dan yang jauh terlihat jauh). Jadi foto untuk mata kanan dan kiri sedikit berbeda.

Menu Aplikasi Carboard Camera

Menu Aplikasi Carboard Camera

Tentu saja tidak benar-benar 3D karena masih berbasis Google Cardboard, kita tetap tidak akan dapat bergerak di dalamnya. Meski begitu kita tetap bisa merasakan berada di dalam foto karena kemampuan melihat sekitar 360° Sementara foto panorama datar yang ada saat ini sudah cukup membosankan.

Fitur unik lainnya dari aplikasi Cardboard Camera ini adalah mampu merekam suara sekitar dari setiap foto VR yang diambil, ini tentu semakin menambah kekuatan dalam transfer atau share pengalaman lingkungan sekitar (rumah, tempat wisata dsb).

Jika Anda punya Google Cardboard dan semacamnya, segera download dan install gratis aplikasi Cardboard Camera disini: https://play.google.com/store/apps/details?id=com.google.vr.cyclops&hl=en

Ide Penggunaan Aplikasi Cardboard Camera

Aplikasi Carboard Camera untuk Google Cardboard

Aplikasi Carboard Camera untuk Google Cardboard

Meski baru tahap awal, tapi bisa dibayangkan 1-2 tahun lagi bagaimana perkembangan aplikasi ini. Beberapa ide penggunaan aplikasi ini antara lain :

  1. Berbagi kondisi rumah ke orang yang dicintai. Seseorang meng-capture kamarnya dalam format VR, kemudian share ke orang tua di kampung. Orang tuanya dengan menggunakan Google Cardboard bisa merasakan bagaimana kondisi tempat tinggal anaknya.
  2. Seorang pebisnis properti membuat foto VR dari semua apartemen yang akan dia jual. Saat bertemu calon customer dia tidak perlu lagi menampilkan foto-foto datar yang membosankan. Dengan Google Cardboard dia bisa tranport sang customer ke apartemen yang sudah dia rekam dalam format VR utk merasakan bagaimana kondisi apartemen secara langsung.

Virtual Reality membuka pintu segala kemungkinan yang tidak bisa didelivery oleh foto atau video biasa. VR membuka jalan menuju apa saja yang ingin dirasakan.

Lazada Indonesia

3 Comments

  1. Green Pramuka City

    June 14, 2016 at 11:00 am

    tekno makin canggih, jangan sampai saja kita di perbudak oleh nya 🙂

    • admin

      June 15, 2016 at 4:33 pm

      @green pramuka : setuju, teknologi canggih tidak saja memungkinkan kita diperbudah, tapi juga memungkinkan kita untuk mengeskplore yang belum pernah bisa dilakukan sebelumnya. misal, tidak semua bisa jadi astronot. dengan adanya VR headset, kita bisa merasakan bagaimana rasanya jadi astronot. ini contoh kecil saja.

  2. Didik Purwanto

    September 22, 2016 at 1:19 am

    Kerend

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *