UPDATED: 5 Alternatif Google Cardboard VR Box Terbaik Untuk Handphone “Canggih”

Cardboard tetaplah cardboard, untuk pemakaian jangka lama bakal rusak juga karena terbuat dari bahan, ya cardboard atau kardus. Saya akan berikan lima alternatif google cardboard dengan banyak kelebihan-kelebihan, tentu dengan harga yang lebih mahal dari cardboard biasanya.

Saya akan jelaskan juga kekurangan dan cara membelinya, karena saya tidak menjualnya seperti cardboard-cardboard ini .. tentu harus dibeli di tokonya masing-masing. Kita akan namakan ini VR Box atau VR Headset, karena bukan lagi terbuat dari kardus, tetapi masih kompatibel kok dengan aplikasi-aplikasi VR Box google cardboard yang sudah menjamur.

Bagi yang memiliki handphone canggih dengan horsepower yang mantap seperti Samsung Galaxy S5/S6 atau Iphone 6/6+ atau LG G3/G4 menggunakan VR box headset akan memberikan pengalaman VR yang lebih baik. Berikut beberapa alternatif google cardbard pilihan kami.

1. EVA Giant Version

EVA dibikin oleh perusahaan Amerika yaitu IM Cardboard, sangat mirip dengan Google Cardboard hanya saja bahannya terbuat dari material EVA (busa EVA), yaitu busa yang lebih padat. Sehingga dengan tetap ringan tetapi lebih kuat dari kardus.

Spesifikasinya agak berbeda, yaitu menggunakan lensa 37mm dengan focal 50mm, lebih mirip dengan Google Cardboard versi 2. Lensa yang lebih besar memungkinkan penggunaan layar yang lebih lebar dan memberi efek FOV (Field of View) lebih baik.

2. Homido

Homido dibuat di negara Prancis, Eropa. VR box headset ini memiliki kelebihan lensa yang cukup besar dan dapat mengatur berbagai setting seperti jarak mata ke lensa dan setting IPD (Interpupillary Distance) yaitu jarak antara pupil kedua mata kita.

Lensa yang digunakan berbeda dengan Google Cardboard, lebih besar, lebih jernih dengan desain khusus untuk mendapatkan FOV 100 derajat (klaim Homido). Dari beberapa review memang FOV-nya lebih baik dari Google Cardboard yang sangat kecil (sekitar 60 derajat), dengan FOV yang lebih besar lebih kerasa berada dalam dunia virtualnya, tidak seperti lorong atau melihat melalui teropong.

Kelemahan VR box headset ini adalah handphone yang bisa digunakan hanya yang memiliki layar ukuran 4,7″ hingga 5″. Sehingga handphone layar besar akan kepotong jika melebihi 5″.

Jika tertarik bisa beli di situs resmi Homido atau di Kolor yang saya lihat lebih murah. Bisa kirim ke Indonesia, dan tentu biaya kirimnya cukup mahal.

3. Freefly VR

Freefly VR merupakan pemain baru dari UK/Inggris, tetapi cukup mendapat perhatian dan cukup favorit di forum reddit.com/r/googlecardboard. Mengapa ? Pertama desainnya yang cukup unik membuatnya sangat bagus untuk setting kamera dengan ukuran apa saja dari 4,7″ hingga 6″. Kamera mendapat posisi paling pas dan terjaga dengan baik, sehingga saat digunakan juga aman.

Kedua lensanya juga cukup besar seperti Homido sehingga FOV-nya dari berbagai review merupakan yang terbaik untuk VR box headset dengan harga dibawah 1 juta rupiah. Bahkan klaim mereka hingga 120 derajat memberi kesan kita tidak sedang memakai VR box headset karena luasnya medan pandangan. Dengan handphone yang layarnya optimal 5,7″ FOV tersebut bisa tercapai.

Ketiga selain ringan, busanya juga paling memberikan kenyamanan di wajah saat digunakan.

Kelemahan dari VR box atau VR headset ini adalah minim settingan, karena IPD (jarak antar lensa) dan jarak mata ke lensa dibuat fixed. Meski begitu mereka bukannya tanpa alasan, dengan lensa yang besar, pengaturan IPD sebenarnya tidak wajib, karena mata bisa menyesuaikan dan layar handphone yang digunakan juga tidak bisa disetting untuk align dengan lensa. Klik disini untuk penjelasannya.

Tertarik untuk membelinya ? Freefly VR sayangnya tidak mengirim secara resmi ke Indonesia, hanya Eropa dan Amerika. Tetapi saya pernah hubungi mereka (coba kontak melalui message di pojok kanan bawah website mereka) dan mendapatkan balasan bahwa mereka bisa mempertimbangkan pengiriman ke Indonesia tentu dengan biaya kirim yg bisa jadi seharga barangnya.

Update : Untuk Freefly VR ini ada kelemahan, yaitu jika IPD anda 70cm, maka akan terasa blur di bagian center (saya merasakannya sendiri). Kecuali anda memiliki IPD yg sama persis dengan headset ini yaitu sekitar 65cm, maka VR Box ini menjadi salah satu pilihan terbaik. Cek di bawah untuk opsi lainnya yang lebih murah.

4. Zeiss VR One

Zeiss VR One merupakan VR box headset dari Zeiss, sebuah perusahaan yang dikenal untuk lensa high-end mereka. Bisa dikatakan ini VR box headset untuk handphone terbaik diluar Gear VR, tetapi harganya sudah di atas 1 juta rupiah.

Harganya memang premium dimulai pada $129. Zeiss VR One dibuat untuk smartphone dengan ukuran layar antara 4,7″ hingga 5,2″ dan menggunakan tray khusus untuk menggeser handphone masuk dan keluar. Bundel standar dilengkapi dengan tray iPhone 6 atau Samsung Galaxy S5.

5. VR Box Buatan China

Alternatif lain selain di atas, yang lebih murah, tentu saja buatan China. VR box headset mereka memiliki kisaran harga yang sangat beragam dari $30 hingga $60. Saran saya beli dari Aliexpress atau Ebay dari seller dengan reputasi yang baik.

Tapi sebelum membelinya anda perlu tahu catatan berikut. VR box headset mereka tentu lebih kuat dari Google Cardboard karena terbuat dari bahan PVC/plastik atau sejenisnya. Hanya saja, dari berbagai review, FOV-nya bahkan lebih buruk dari Google Cardboard! Ini patut di catat. FOV yang sempit atau tunnel vision ini hanya bagus untuk melihat film. Itu saja. Jika anda ingin membeli VR box headset untuk nonton film saja, silahkan. Tapi jika ingin lebih dari itu, sebaiknya investasi ke yang lebih mahal seperti yang telah disebutkan di atas.

Ada puluhan merk VR headset bikinan China, mulai dari ColorCross, VR Box, Ling dan merk-merk tidak jelas dengan desain yang sama persis.

UPDATE:

Untuk VR box headset buatan China, saya mendapatkan info ada beberapa yang sangat baik kualitasnya, dengan FOV yang lebar tidak seperti kebanyakan. Tapi tetap, jangan sembarang beli VR box headset buatan China, kecuali untuk merk-merk berikut. Saya mendapatkan informasi ini dari forum Google Cardboard di reddit, jadi cukup terpercaya ulasannya. Kesemua VR Box ini mendukung Android atau iPhone dengan ukuran layar antara 4″ – 6″ sehingga sangat beragam FOV yang dihasilkan.

  1. BoboVR Z4 : Cukup unik dengan built-in headphone. Tetapi yang menjadi sebab VR box ini bagus bukan karena itu, melainkan FOV-nya yang sangat lebar, sekitar 120 derajat, dengan IPD yang bisa disetting dan diopter yang juga bisa disetting bagi setiap mata kanan/kiri. Diopter sangat berguna bagi mereka yang memiliki masalah pada fokus pandangan mata. Selain itu tempat klip handphone yang mudah digunakan hingga desain strap yang membuat beban terdistribusi maksimal. Dari banyak review, ini VR box terbaik untuk Google Cardboard, harganya pun cukup murah sekitar $60. Jika anda mau berburu di Aliexpress atau toko online seperti Gearbest anda bisa mendapatkan harga di bawah itu, ada yang menjual $30 – $45. Pastikan untuk membeli dari penjual terpercaya. (Kami sudah jual produk BoboVR Z4 Mini lebih murah lebih ringan)
  2. Baofeng Mojing IV adalah saingan dari boboVR Z4. Terkenal cukup bagus dari segi FOV yang cukup lebar meski tidak selebar BoboVR Z4, cukup ergonomis dan kemampuan untuk setting IPD dan . Saya tidak tahu banyak, tetapi ini pilihan kedua terbaik untuk box VR dari China.
  3. Snail VR Glass menempati urutan ketiga untuk VR box headset buatan China. FOV-nya 96 derajat setara dengan gearVR, sangat ringan dan memiliki kemampuan setting IPD dan diopter seperti dua VR box sebelumnya.

Selain Bobo VR Z4, menurut beberapa VR antusias Fiit VR 2n dan FiiT VR 2S merupakan headset virtual reality pilihan dan masuk dua besar terbaik. Silahkan cek di Hypergrid danVRkommado atau forum reddit.com/r/googlecardboard. Fitur utamanya adalah FOV 102° lebih besar dari google cardboard bahkan dari Samsung Gear VR (101°). Lensa Fiit VR juga berteknologi Jepang seperti BoboVR Z4, tajam dari center hingga tepi sangat minim distorsi. IPD dan fokus dapat disetting. Dilengkapi headstrap T-band dan faceplat foam yang nyaman digunakan dalam waktu lama. Selengkapnya cek detail produk Fiit VR disini.

Update:

Kami telah menjual dua produk terbaik VR box headset dengan harga terjangkau yaitu BoboVR Z4 Mini, Fiit VR 2n dan FiiT VR 2S. Bisa juga dibeli melalui Bukalapak atau Tokopedia.

Lazada Indonesia

40 Comments

  1. screen guard

    August 6, 2015 at 5:18 am

    Artikel yang bagus gan
    numpang info yah gan, dicari reseller atau distributor untuk anti gores clear dan glear hd ugoscreen kualitas bahan dari korea dan teknologi potongan laser sehingga memudahkan dalam pemasangan, tersedia segala tipe anti gores dengan kualitas terbaik , tipe terlengkap dan harga bersain. Tersedia jenis Glare HD (anti minyak) dan Clear (bening) HD Samsung, Xiaomi, Lenovo, Oppo, Asus, Blackberry, Apple, Nokia, Advan, Evercoss, Sony, Acer, LG, HTC, Huawei, Polytron, Andromax, Motorola, Vivo, Coolpad, One+
    [url=http://goo.gl/v9kalp]screen guard[/url]

  2. Junai

    August 15, 2015 at 6:18 am

    Vr headset yg ada di indonesia apa saja….?

    • admin

      April 24, 2016 at 2:12 pm

      @Junai : ada banyak sebenarnya, tapi kebanyakan juga dari China. Kalau masih ragu sebaiknya beli yang dari cardboard dulu, selain murah juga terjamin spec-nya oleh Google. Cek update review saya di atas jika mau beli VR Headset buatan China merk-merk apa saya yg bagus, bisa lewat Aliexpress dan dikirim ke Indonesia.

  3. Pingback: Lihat Cara Saya Jalan-Jalan Keliling Dunia Dari Dalam Kamar, Gratis ! - Google Cardboard Indonesia

  4. Abdul Kholik

    January 31, 2016 at 10:31 pm

    Salam Gan. ane mau tanya.
    1.Apakah vr glasess bisa untuk nonton film biasa bukan 3d berformat bluray lewat smartphone ane? Dan sensasi apa yg akan ane dapatkan? Apakah seperti nonton film di imax?
    2. Apakah vr glasess juga bisa digunakan untuk streaming pertandingan bola? Dan sensasi apa yg akan ane dapatkan apakah seperti nonton bola dengan tv HD berlayar lebar?
    Terimakasih sebelumnya gan

    • jho

      March 4, 2016 at 4:10 pm

      sory bantu jwab ya,… klo vr itu minimal buat nnton 3d bro, atau kalo gak buat nnton film ato vr game yg memdai 360 degre view..

    • admin

      April 24, 2016 at 1:40 pm

      @abdul : 1. bisa untuk nonton film biasa, sensasinya mungkin tidak sama persis. tapi dengan VR headset yang bagus seperti gear VR dengan samsung s7 yg dpi-nya tinggi, mungkin bisa. tapi dengan headset cardboard biasa dan handphone yg resolusinya blm QHD mungkin kurang tajam gambarnya.

      2. streaming sepertinya bisa, asal tahu cara settingnya. beberapa VR player ada fitur streaming.

  5. Pingback: WOW! Tutorial dan Review vTime, Aplikasi Chatting Virtual Reality Paling Realistis - Google Cardboard Indonesia

  6. Satria

    April 18, 2016 at 5:58 am

    Selain online shop.. Ada toko/counter.nya gx gan??

    • boonta

      April 23, 2016 at 7:13 pm

      Bantu jawab… Kalo yg buatan China di Lazada ada banyak bro byar ditempat pula ane udah psn (cari yg China krn HP ane gak da gyronya he he..)

    • admin

      April 24, 2016 at 1:41 pm

      @satria : gak punya toko kita gan, online shop biasa. proses jual beli via sms/whatsapp.

  7. yoyo

    April 24, 2016 at 3:24 pm

    bisa dipercaya gk ni olshop?

    • admin

      April 25, 2016 at 2:33 pm

      @yoyo : bisa dong pak, konsultasi saja juga bisa pak .. banyakan kontak ane langsung ke handphone, ada yang beli ada yang tidak 🙂

      • rha

        April 29, 2016 at 5:32 pm

        Gan bobvr z4 bisa pesen d agan ga??

        • admin

          June 29, 2016 at 5:14 am

          @rha : habis lebaran semoga sudah ready stock bobovr z4

  8. Pingback: Bingung Memilih Google Cardboard, Gear VR atau VR Headset China ? Baca Panduan Virtual Reality Ini - Google Cardboard Indonesia

  9. faza

    May 28, 2016 at 3:02 am

    gan kalo Google Gruu Cardboard VR Plastic itu bagus ga ?

  10. niko

    June 26, 2016 at 8:30 am

    Min kalo mengurangi getaran gimana cranya?

    • admin

      September 5, 2016 at 10:39 pm

      @niko : pastikan fokus ya, kalau gak fokus setting ulang. QR Code pastikan juga sesuai. pastikan lagi garis split harus pas tengah. getar atau tidak mungkin tergantung content-nya. atau kalau yg dimaksud VR headsetnya goyang2, iketin yang kenceng di kepala tapi tetap senyaman mungkin

  11. Abid

    July 11, 2016 at 10:17 am

    Min, kalau VR shinecon itu recommended gak?

  12. ruhihe

    July 13, 2016 at 5:34 am

    Gan panjang dan lebar hape yg muat di bobovr z4 berapa gan?
    saya pake asus zenfone 2 ze601kl muat gak di bobovr z4?

    • admin

      September 5, 2016 at 10:36 pm

      @ruhihe : cukup kok gan, bisa muat sampai 6″, panjang handphone bisa sampai 17cm. handphone agan 16cm

  13. Alvin Noor Arief

    July 17, 2016 at 8:14 am

    Gan, aku pake a7000 udah Support menurut EZE VR. Pengen Fiit 2n tapi Kalo beli online ragu soalnya gk dicoba dulu, apa mungkin gak cocok dipake? Atau pasti berkerja?

    • admin

      September 5, 2016 at 10:35 pm

      @Alvin Noor : cocok kok gan, support layar 4″ s/d 6.6″ … ideal utk 5.5″ meski paling baik kalau resolusi full HD.

  14. kodoksilat

    September 4, 2016 at 10:41 pm

    gan, di tokoedia ada yang jual colorcross vr, dengan fov 95 dengan bentuk mirip u noton yang di review di vrcomando. itu apa barang yang sama ya gan, cuman rebranding aja gitu
    ragu mau beli vrbox apa colorcross

  15. Haiqal

    September 14, 2016 at 10:43 pm

    Boleh kah Samsung galaxy note1 pakai vr. Kalau boleh vr apa yg sesuai

  16. Sakino Nino

    September 20, 2016 at 9:05 am

    Kali gue pake kacamata yg paling cocok pakai vr apa gan?

    • admin

      September 20, 2016 at 10:48 pm

      @Sakino : Fiit VR cukup gan utk pemakai kacamata, tapi kacamata dilepas juga bisa pakai Fiit/BoboVR .. karena ada setting myopi plus minusnya.

  17. Echo

    November 7, 2016 at 12:10 am

    Nanya gan, yg paling pas buat iphone 6 Yg mana ya gan VR nya, baca2 sedikit dr tetangga sebelah kl yg boboVR direkomendasikan layar 5,5 inch k atas supaya dpt fov nya 120…tertarik bobovr

    • admin

      November 7, 2016 at 9:56 pm

      @echo : bobovr z4 mini aja, ya FOV menurutku lebih okay. serta bobovr z4 juga udah ada tombol capacitive utk click trigger (meski sering gagal, harus dioprek dulu) … karena kalo iphone kan gak bisa pakai mouse usb otg.

  18. omsinchan

    November 9, 2016 at 8:45 pm

    “Update : Untuk Freefly VR ini ada kelemahan, yaitu jika IPD anda 70cm, maka akan terasa blur di bagian center (saya merasakannya sendiri). Kecuali anda memiliki IPD yg sama persis dengan headset ini yaitu sekitar 65cm, maka VR Box ini menjadi salah satu pilihan terbaik. Cek di bawah untuk opsi lainnya yang lebih murah.”

    tipo min, kecuali miminnya ternyata alien atau bisa berubah jadi hiu kepala martil, ipd manusia jelas ndak mungkin bisa sampe 65-70cm, jadi yang bener itu satuannya mm , hehehe

  19. Ainun

    November 16, 2016 at 1:00 pm

    Gan clo hp oppo neo 5 bisa gx…

    • admin

      November 17, 2016 at 11:18 pm

      @ainun : gak bisa gan, gak ada sensor gyro-nya.

  20. Pingback: Bingung Memilih Google Cardboard, Gear VR atau VR Box China ? Baca Panduan Virtual Reality Ini - Montoska

  21. jolla

    April 7, 2017 at 6:54 pm

    Min HP ai xiaomi redmi 4 prime dominan buat game bagusnya pke vr apa ya?
    Budgetnya 400 RB..
    Tolong blz ke jolaiqha90@gmail.com
    Thx sebelumnya

    • admin

      April 9, 2017 at 8:06 pm

      @jolla : pakai bobovr z4 mini aja gan

  22. rahmat hdiayat

    July 13, 2017 at 9:22 pm

    apakah harus sejalan juga dengan smarphone yang di gunakan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *