Cara Memperbaiki Black Screen pada Oculus Rift dan Rift S

Display Milik Oculus Rift CV1 Saat Ini.
Display Milik Oculus Rift CV1 Saat Ini.

Salah satu hal paling mendebarkan saat menggunakan Oculus Rift bukanlah game hantu atau roller coaster, bukan, tetapi saat kita memasang Oculus Rift atau Rift S (berikutnya akan saya sebut Rift) .. tetapi yang kita lihat gelap, hitam, blank! Tapi ini belum saatnya anda panik.

Kondisi black screen atau layar hitam pada Rift memang bukan hal baru, sejak peluncurannya di tahun 2016 hingga saat ini, kejadian tersebut masih ada. Tetapi jangan kawatir, secara umum disebabkan dari sisi software dan bukan hardware, dan ini yang akan kita bahas bagaimana sih solusi atau alternatif tindakan yang bisa kita lakukan.

Jika Rift anda sudah pernah bisa digunakan sebelumnya dan tiba-tiba blank screen, maka potensi perbaikannya lebih banyak. Tetapi jika sejak awal memang berlum pernah berhasil, maka potensinya bisa melebar ke hardware baik PC maupun Rift itu sendiri.

Kondisi layar hitam diikuti dengan dua kondisi lampu led. Umumnya lampu led akan berwarna orange, itu artinya sudah terdapat koneksi, tetapi karena ada masalah layar tetap hitam. Kedua lampu led berwarna putih, dan orange, bergantian. Tetapi tetap layar berwarna hitam.

Berikut beberapa langkah yang bisa dilakukan untuk menangani Oculus Rift black screen, dan sebaiknya dilakukan secara berurutan. (Asumsi bahwa PC yang digunakan sudah memenuhi standard minimal yang Oculus syaratkan.)

  1. Pastikan kabel terpasang dengan benar. Kabel HDMI yang panjangnya 4 meter tersebut, kadang kendor dengan sendirinya, coba cabut colok baik yang ke port HDMI PC maupun ke Rift. Untuk yang ke Rift agak tricky, harus dilepas dulu face foam-nya terlebih dahulu (di youtube banyak videonya).
  2. Pastikan aplikasi Oculus Rift berjalan lancar. Matikan windows defender, anti virus dan user yang menjalankan merupakan user berjenis Administrator.
  3. Pastikan Windows, aplikasi dan drivers uptodate. Pastikan Oculus App sudah yang paling baru, juga drivers yang dibutuhkan. Update juga Windows 10 secara berkala.
  4. Pastikan driver graphic card uptodate. Ini juga penting, pastikan driver graphic sudah yang paling baru. Ada beberapa kasus sih memang disarankan rollback ke versi driver yang lama, tetapi itu dulu. Untuk saat ini, yang paling uptodate yang peluangnya lebih besar karena kasus-kasus lama sudah solved dengan driver terbaru.
  5. Jika masih belum berhasil, coba aktifkan mode Public Test Channel (PTC) pada aplikasi Oculus di PC. Masuk ke bagian Setting > tab Beta > Public Test Channel dan klik enroll. Restart dan coba lagi.

Jika cara di atas masih belum juga berhasil, jangan kawatir, masih ada bebera cara yang harus dilakukan sebelum anda memang harus benar-benar kawatir. Cara berikutnya memang sedikit lebih ribet dan merepotkan, luangkan waktu khusus.

  1. USB Setting. Pertama pastikan untuk headset Rift terhubung ke USB 3.0 dan bukan 2.0. Kedua pastikan setting USB Selective Suspend = Disabled (caranya disini) dan uncheck pada Allow the computer to turn off this device to save power (caranya disini).
  2. Ganti USB dan HDMI Port. Coba colok USB dan HDMI di port yang lain.
  3. Reinstall Windows 10. Ini memang agak berat, tetapi jika cara-cara di atas masih belum bisa, dalam beberapa kasus setelah reinstall OS Windows 10 Rif bisa berfungsi lagi. Anda bisa memilih reinstall ulang windows 10 dengan tetap mempertahankan data dan aplikasi, atau bisa juga install ulang semuanya.
  4. Reinstall Oculus App. Setelah reinstall Windows 10, uninstall aplikasi Oculus, hapus semua folder yang berkaitan dengan Oculus baik itu di program files maupun di folder users. Kemudian install ulang aplikasi Oculus dengan menjalankan Setup seperti biasa.
  5. Install Graphics Card Driver. Install dengan versi yang paling uptodate.
  6. Buat User baru. Jika langkah-langkah di atas masih belum bisa juga, coba buat user baru dengan privilege Administrator. Logout dan jalankan Oculus App. Karena di beberapa case nama user windows dengan karakter tertentu menjadikan black screen pada Oculus.
  7. Ganti kabel Oculus Rift. Karena kabel HDMI bisa juga rusak, ini langkah yg cukup jitu tetapi membawa konsekuensi biaya yang cukup mahal. Kabel Oculus Rift sekitar IDR 1.5j. Kalau ada teman yang juga punya Oculus Rift, bisa dicoba dipinjem kabel atau PC-nya untuk testing terlebih dahulu.

Baca-baca berbagai masalah dan solusi di https://support.oculus.com/. Jika semua langkah sudah dilakukan tetapi hasilnya nihil, okay, memang kemungkinan hardware defect atau rusak. Coba sekali langkah-langkah di atas, barangkali ada yang terlewat.

Langkah paling terakhir adalah membuat tiket support ke Oculus Rift, kemudian nanti akan diguide secara official hingga penggantian device jika memang masih garansi. Tidak ada salahnya juga baca-baca di https://forums.oculusvr.com/community atau https://reddit.com/r/oculus karena banyak yang memiliki kasus sama, siapa tahu beberapa solusi yang dishare di sana cocok.

Okay, semoga bermanfaat dan berhasil kembali ke dunia VR.

Lazada Indonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *