Google Invasi Apple iOS Dengan Cardboard Virtual Reality

Apple siap atau tidak inilah realitasnya, virtual reality hadir dengan dukungan penuh dari Google. Seperti diketahui dalam dua hari kemarin Google mengadakan acara Google I/O dan salah satu yang banyak diperbincangkan adalah bahwa Google benar-benar serius menggarap pasar VR, antara lain dengan akan diluncurkannya SDK Android khusus dan Google Cardboard versi 2.

Dan sekarang raksasa pencarian ini telah merilis aplikasi Cardboard resmi untuk iOS dengan sebuah demo baru. Terlebih lagi, SDK untuk Google Cardboard juga sudah kompatibel dengan iOS, membuka gerbang bagi visi Google VR pada platform pesaingnya itu. Invasi virtual ini bisa memberikan tekanan pada rencana Apple terhadap VR.

Aplikasi Google Cardboard untuk iOS sekarang sudah online. Aplikasi ini secara fungsional mirip dengan yang ada di Android, dengan satu buah demo baru.

google-cardboard-explorer

Explorer demo melalui pameran 360 foto derajat dari berbagai museum. Dinosaurus, pesawat, dan pesawat ulang-alik dapat dilihat. Klik untuk beralih dari satu adegan ke adegan berikutnya.

google-cardboard-urban-hike

Mengajak penonton pada perjalanan seperti Street View melalui kota-kota di seluruh dunia. Jika Anda melihat kaki Anda, Anda akan melihat teks yang menampilkan lokasi saat ini dan meminta untuk klik jika ingin pindah ke lokasi berikutnya.

Cincin magnetik dari Google Cardboard ternyata bekerja dengan baik di aplikasi iOS. Aplikasi Cardboard untuk iOS juga mendukung info karakteristik lensa dari kode QR, kemudian secara otomatis aplikasi akan beradaptasi untuk menyesuaikan dengan lensa yang digunakan.

Kemudahan dalam pengembangan aplikasi VR menggunakan SDK dari google, bisa berarti bahwa Apple akan mendapati ratusan aplikasi VR menggempur App Store mereka, seperti yang sudah terjadi dengan Android Play store. Ini bisa memberikan tekanan pada Apple untuk menemukan cara memblokir invasi Google Android VR ke iOS, atau untuk memberikan penawaran mereka sendiri sebelum mereka menyerahkan pangsa pasar terlalu banyak.

Lazada Indonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *