Mengenal Google Cardboard V2, Unboxing Dan Cara Merakitnya

Google Cardboard v2

Pada konferensi Google I/O 2015 lalu, Google mempresentasikan ke dunia terkait perkembangan VR perusahaan dan membuka tabir penampil VR baru yang lebih ditingkatkan untuk smartphone, yaitu Google Cardboard V2. Google mengumumkan VR headset tahun 2014 lalu, berbahan kertas karton sebagai VR headset entry-level berbiaya yang sangat untuk pengembang dan penggemar. 

Google Carboard V2.0 sekarang cocok ponsel besar, dari 5-inci hingga 6-inci. Lensa aspheric berdiameter 37mm menggantikan yang lama, lebih besar untuk mendapatkan FOV lebih lebar. Trigger input berupa cincin magnet juga telah diganti dengan tombol masukan universal berbasis sentuhan melalui elektrostatis akan bekerja dengan semua ponsel.

Versi pertama dari Google Cardboard memiliki metode input yang memanfaatkan cincin magnet yang bila ditarik, bisa dirasakan oleh magnetometer handphone dan dibaca sebagai sebuah event masukan. Sayangnya, ini berarti bahwa magnetometer tidak dapat digunakan untuk koreksi drift. Tombol baru tidak hanya bekerja untuk semua ponsel, tetapi juga membebaskan magnetometer untuk membantu menjaga tampilan virtual.

google cardboard v2 io 2015 (2)

google cardboard v2 io 2015 (4)

Tombol input baru yang universal ini menjadi keuntungan untuk developer, karena banyak yang memilih untuk tidak mendukung metode input lama ketika beberapa smartphone yang digunakan untuk VR tidak kompatibel. Tombol input baru ini akan lebih konsisten dan developer dapat menggunakannya selain sistem seleksi atau trigger berbasis tatapan selama beberapa waktu.

Google Carboard v2 sekarang memiliki hanya 3 langkah mudah untuk merakitnya, bukan 12 langkah seperti pada versi sebelumnya. Seperti sebelumnya, Google tidak memproduksi secara langsung penampil VR ini, tetapi tetap bekerja dengan produsen pihak ketiga yang membuat Google Cardboard disertai sertifikasi untuk menjamin bekerja dengan baik dengan aplikasi-aplikasi VR.

Unboxing

Lazada Indonesia

1 Comment

  1. RGHandrian

    September 7, 2015 at 3:54 am

    Klu mau beli dmana dna harganya brapa min untuk cardboard v2 ini?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *