Windows VR Headset Akan Dirilis Microsoft Bulan Oktober, Harapan VR Diadopsi Masal

Windows VR Mixed Reality

Microsoft merilis banyak info baru yang terkait dengan headset Windows VR beberapa hari terakhir, dan memastikan bahwa produk-produknya bisa di dapat sebelum liburan akhir tahun. Windows VR Mixed Reality pertama  dijadwalkan diluncurkan pada awal Oktober dan akan berhadapan langsung dengan tiga pendahulunya di kelas high-end VR seperti Oculus Rift, HTC Vive dan Playstation VR.

Meski saling berkompetisi tetapi headset Windows VR tetap bisa mendapatkan akses konten eksklusif baik aplikasi maupun game ke Oculus Store melalui aplikasi Revive dan tentu saja ke Steam VR. Dengan semakin banyaknya opsi VR headset dan semakin matangnya market akan membawa dampak positif bagi teknologi VR untuk bisa tinggal landas.

Windows VR kontroller, Image Credit : Microsoft

Windows VR kontroller, Image Credit : Microsoft

Windows VR headset juga menyediakan bundling dengan dua buah kontroler yang bisa room tracking tanpa sensor tambahan eksternal, melainkan menggunakan dua buah kamera di VR headset sebagai sensor inside-out. Dengan kontroler yang menyerupai Oculus Touch ini, menjadikan imersifitas lebih tinggi karena kehadiran dua buah tangan virtual di lingkungan VR.

Microsoft tampaknya ingin menyerahkannya kepada mitra pabrikan hardware untuk mengumumkan tanggal rilis masing-masing, dan ternyata sebagian besar VR headset sudah diumumkan karena akan tersedia pada bulan Oktober ini.

Hampir semua VR headset dengan berbagai merk itu memiliki spesifikasi yang identik yang merupakan standar referensi dari Microsoft. Berikut spesifikasinya:

  • Dual display resolusi 1440 x 1440 per-eye
  • Ukuran layar 2,89″ diagonal (x2)
  • Model headstrap engsel
  • Field of View 95° horisontal
  • Tampilan refresh rate hingga 90Hz (native)
  • Built-in audio out dan dukungan mikrofon melalui jack 3.5mm
  • Kabel tunggal HDMI 2.0 (display) dan USB 3.0 (data) untuk konektivitas
  • Room dan hand tracking inside-out
  • Kabel 4.00m

Microsoft mensyaratkan minimum requirement untuk PC yang bisa menggunakan Windows VR mode mimumun 60Hz, yaitu minimum chipset graphic Integrated Intel® HD 620 atau lebih tinggi. Sementara Ultra PCs akan mampu menjalankan Windows VR dengan tingkat refresh yang lebih tinggi yaitu 90Hz, membutuhkan minimum dengan kartu grafis NVidia GTX 965M/AMD RX 460.

Dell Visor (VR118)

Dell Visor, Image Credit : Dell

Dell Visor, Image Credit : Dell

Dell Visor akan keluar pada bulan Oktober, meski belum ada tanggal resmi-nya. VR headset-nya saja akan dijual seharga USD $350 di AS, dan ditambah kontroler menjadi seharga USD $100.

Asus Mixed Reality Headset (HC102)

Asus Mixed Reality, Image Credit : Asus

Asus Mixed Reality, Image Credit : Asus

Asus Mixed Reality Headset atau HC102 juga akan dijual dengan harga USD $450 di AS. Mengenai ketersediaan headset, Asus tampaknya tidak mengumumkan tanggal rilis resmi, namun beberapa media cetak ternama mengatakan bahwa HC102 dapat dinikmati sekitar tanggal 17 Oktober 2017.

Lenovo Explorer

Lenovo Explorer, Image Credit : Lenovo

Lenovo Explorer, Image Credit : Lenovo

Kini dijuluki Lenovo Explorer, headset Windows VR milik perusahaan ini juga dibandrol seharga USD $ 450 di AS (termasuk kontroler), dan $ 350 tanpa kontroler. Saat ini perusahaan mengumumkan bahwa ketersediaan global headset Lenovo Explorer diharapkan dalam beberapa minggu mendatang, meski kemungkinan adalah bulan Oktober.

Acer dan HP

Acer dan HP Windows VR

Acer dan HP Windows VR

Kedua VR headset Acer dan HP diumumkan beberapa bulan lalu sebagai alat pengembangan Windows VR, kemungkinan besar juga akan diluncurkan ke konsumen pada bulan Oktober.

Jika Anda tertarik untuk merasakan bagaimana bekerja di dalam Windows 10 secara Virtual atau jika Anda sudah bosan dengan layar 17 inchi yang datar tanpa kedalaman atau jika Anda hobi bermain game dan ingin melangkahkan kaki ke dalamnya tanpa mau mengeluarkan dana PC game yang terlalu mahal, maka Windows VR mixed reality adalah opsi terbaik untuk saat ini.

Lazada Indonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *